Berbahaya Jangan Simpan "Handphone" di Saku Baju

Banyak orang yang tak bisa lepas dari penggunaan handphone atau smartphone. Biasanya, telepon seluler (ponsel) itu pun disimpan di saku celana maupun baju karena lebih praktis. Anda tak perlu membuka tas terlebih dahulu ketika ingin menggunakan handphone.



Akan tetapi, menurut imuwan Amerika, dokter Devra Davis, kebiasaan itu bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Davis yang telah mempelajari efek radiasi ponsel selama bertahun-tahun mengungkapkan, radiasi bisa merusak DNA. Dengan begitu, efek radiasi akan memengaruhi kesuburan pria dan mengganggu metabolisme otak.

Davis mengaku prihatin, ketika banyak wanita meletakkan ponsel di bra dan muncul ikat kepala yang bisa untuk menyimpan ponsel. Ia mengatakan, efek radiasi di sekitar kepala dapat menganggu fungsi otak.

Davis pun menceritakan, ia pernah menemukan kasus seorang wanita yang memiliki tumor payudara persis di area ponsel sering disimpan. Bahkan, tumor itu berbentuk seperti ponselnya.

Penelitian lain menunjukkan, sering meletakkan handphone di saku celana bisa melemahkan daerah panggul dan mengurangi kepadatan tulang. Selain itu, peneliti juga menemukan, efek radiasi ponsel bisa mengembangkan masalah depresi, diabetes dan jantung.

Untuk itu, Davis menyarankan masyarakat mulai terbiasa menyimpan handphone di dalam tas saja. Menyimpannya di dalam tas lebih aman dari paparan radiasi ke tubuh. Tinggalkan juga kebiasaan tidur dengan menyimpan handphone di samping kepala Anda.