Inilah Beberapa Tanda Kiamat Yang Sudah Terjadi di Makkah

blogger templates
Tanda-tanda kiamat, seperti yang disabdakan oleh Rasulullah SAW kini sudah muncul di Mekkah. Kiamat memang merupakan hal ghaib, Tidak akan pernah ada yang tahu kapan kiamat akan terjadi kecuali hanya Allah Subhanahu wa Ta'ala.
Namun, Utusan-utusan Allah seperti para Rasul dan Nabi telah diberi kisi-kisi oleh Allah mengenai tanda-tanda yang akan terjadi sebelum kiamat tiba. Hal ini dilakukan bukan bertujuan untuk menakut-nakuti manusia, Namun lebih dari itu adalah agar manusia sadar bahwa dunia bukanlah tempat tinggal yang abadi, semua yang ada di dunia ini akan hancur dan musnah jika hari kiamat itu tiba. Selain itu, Jika seorang muslim percaya akan terjadinya kiamat, maka dia akan lebih berhati-hati dalam menjalani kehidupan di dunia ini, Selalu berbuat baik dan benar, Selalu beramal sholeh dan meningkatkan ketakwaannya pada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Setidaknya ada 3 tanda-tanda kiamat yang pernah disabdakan oleh Rasulullah SAW, dan sekarang tanda-tanda itu sudah muncul di Makkah. Apa saja tanda tersebut? di bawah ini adalah ulasannya.

1. Orang-orang Arab Berlomba-lomba Meninggikan Bangunan di Mekkah

Kiamat adalah ketetapan Allah dan itu pasti akan terjadi. Namun, tak ada satu orang pun yang mengetahui kapan kiamat itu akan terjadi termasuk malaikat jibril sekalipun. Namun, Nabi Muhammad -Shallallahu alaihi wa salam- telah memberikan banyak gambaran tentang tanda tanda mendekati terjadinya kiamat. salah satunya adalah. orang-orang Arab saling berlomba-lomba dalam membangun bangunan yang tinggi.
Dalam sebuah hadits shahih disebutkan, وَلَكِنْ سَأُحَدِّثُكَ عَنْ أَشْـرَاطِهَا… (فَذَكَرَ مِنْهَا:) وَإِذَا تَطَاوَلَ رِعَاءُ الْبَهْمِ فِي الْبُنْيَانِ فَذَاكَ مِنْ أَشْرَاطِهَا “Akan tetapi aku akan menyebutkan kepadamu tanda-tandanya… (lalu beliau menyebutkan, di antaranya:) jika para penggembala kambing berlomba-lomba meninggikan bangunan, maka itulah di antara tanda-tandanya.” (HR. Bukhari-Muslim) Sementara dalam riwayat Muslim diungkapkan: وَأَنْ تَرَى الْحُفَاةَ الْعُرَاةَ الْعَالَةَ رِعَاءَ الشَّاءِ يَتَطَاوَلُونَ فِي الْبُنْيَانِ “Dan engkau menyaksikan orang yang tidak memakai sandal, telanjang lagi miskin yang menggembala domba, berlomba-lomba membuat bangunan yang tinggi.” Dan dijelaskan dalam riwayat Imam Ahmad dari Ibnu ‘Abbas -Radiallahuanhuma- , beliau berkata: يَا رَسُـولَ اللهِ، وَمَنْ أَصْحَابُ الشَّاءِ وَالْحُفَاةُ الْجِيَـاعُ الْعَالَةُ قَالَ: اَلْعَرَبُ “Wahai Rasulullah, dan siapakah para penggembala, orang yang tidak memakai sandal, yang lapar dan yang miskin itu?” Beliau menjawab, “Orang Arab.” (Musnad Ahmad IV/332-334, no. 2926) Foto di atas kiranya sudah cukup untuk membuktikan kebenaran hadits Rasulullah diatas.

2. Gunung-Gunung di Mekkah Mulai Berlubang

Salah satu tanda-tanda kiamat, yaitu jika gunung-gunung di Kota Mekkah sudah banyak yang berlubang. Hal ini tentu tidak akan masuk akal jika dipahami pada masa kehidupan Nabi bersama sahabatnya. Namun ternyata hal itu sudah terjadi sekarang ini.
Gunung-gunung di Kota Mekkah sekarang sudah banyak yang berlubang dalam bentuk terowongan. Sejak pembangunan besar-besaran oleh dinasti Saud, Mekkah dijuluki dengan Kota Terowongan karena memiliki ratusan terowongan. Di tahun 2011 saja, Makkah sudah membuat 55 terowongan melalui pegunungan dan sejumlah ruas jalan. Ibnu Syaibah meriwayatkan dengan sanadnya kepada Ya’la ibn Atha’ dari ayahnya, dia berkata: pada suatu hari, aku menuntun tali kekang unta Abdullah ibn Amr, lalu beliau berkata: "Bagaimana pendapat kalian, jika kalian hancurkan Ka’bah dan tidak menyisakan batu yang masih menumpuk? Mereka menjawab: oleh kita yang beragama Islam? Beliau menjawab: benar, kalian yang beragama Islam. Seseorang bertanya: lalu apa lagi? Beliau menjawab: kemudian ia akan dibangun dengan yang lebih bagus darinya. Apabila kalian telah melihat gunung-gunung di Makkah mulai berlubang, dan bangunan-bangunannya menjulang tinggi melebihi pegunungannya, maka ketahuilah bahwa kiamat telah dekat.

3. Bayangan Ka'bah Tidak Lagi Tampak

Suatu ketika, Nabi Muhammad SAW pernah menjelaskan pada sahabatnya, Bahwa kiamat akan terjadi jika As-Sa'ah telah membentangkan bayangannya sehingga bayangan Ka'bah tidak akan tampak. As-Sa'ah sendiri merupakan salah satu kata kiasan untuk kiamat.
Sementara itu, dalam bahasa arab, As-Sa'ah juga diartikan sebagai jam. Karena itu bisa saja kiamat akan terjadi jika bayang menara jam telah menutupi Ka'bah sehingga bayang ka'bah tak lagi tampak. Dan faktanya, sekarang bayang-bayang menara jam dari hotel Royal Clock Tower Mekkah memang sudah menutupi ka'bah.