Burung Paling Beracun Di Dunia,"Pitohui"

blogger templates
 Tanah Papua memang kaya akan kekayaan dunia faunanya terutama dari jenis burung, dan taukah anda bahwa salah satu burung yang paling beracun di dunia juga juga tercatat dalam Guinness Book of World Record berasal dari tanah papua yaitu burung pitohui burung ini di kenal juga dengan nama burung sampah,karna sifatnya yang beracun jadi tidak bisa di makan,bisa-bisa malah tewas jika meng konsumsinya.
burung pitohui




 Bagian burung pitohui yang beracun adalah kulit dan bulunya. Karena itu, baru kita pegang saja, kitasudah bisa merasakan racunnya. Racun itu akan menyebabkan gatal-gatal dan rasa panasnya. Bahakan jika kena racun pitohui dalam jumlah besar, kita bisa lumpuh dan terkena serangan jantung.
Lucunya karena racunnya bukan berasal dari tubuhnya sendiri racun itu berasal dari makanannya sejenis kumbang yang bernama kumbang choeresine, tingkat racun pada burung pitohui berbeda-beda.
 Ada burung yang saat kita dekati saja, sudah membuat kita bersin-bersin dan gatal-gatal. Ada pula burung yang baru bisa menyebabkan keracuanan setelah menyentuh atau mencakar manusia.
Racun yang terdapat pada permukaan kulit dan bulu–bulu burung ini termasuk kategori neurotoxin (racun yang menyerang jaringan otak) yang disebut homobatrachotoxin. Bahan kimia ini sebenarnya racun alami dan paling kuat yang pernah dikenal manusia.

Meski mengandung racun,tetapi burung ini memiliki suara yang merdu suara kicauan burung pitohui sangat menarik dan bervariasi.Ada enam jenis burung pitohui dan semuanya juga beracun.

beberapa jenis burung pitohuiBerikut ini enam spesies burung pitohui :

White-bellied pitohui (Pitohui incertus)
Variable pitohui (Pitohui kirhocephalus)
Hooded pitohui  (Pitohui dichrous)
Rusty pitohui (Pitohui ferrugineus)
Crested pitohui  (Pitohui cristatus)
Black pitohui (Pitohui nigrescens)